Sultan (2016) Review

Pembuka tahun ini saya mulai dengan menulis tentang film India. Iya, film India yang berjudul ‘Sultan’.

Tidak, saya bukan penggemar film-film Bollywood. Tapi, saya juga tidak mengatakan kalau film-film dari negeri Taj Mahal itu jelek. Ada kok beberapa filmnya yang bagus dan selalu berhasil membuat penontonnya menitikkan air mata seusai film.

Film ini tidak sengaja saya tonton di malam pertama 2017 saat menunggu suami yang tengah bersosialisasi ke rumah pamannya. Berkali-kali saya gagal menemukan siaran televisi bagus di stasiun TV lokal, maklum, belom pasang TV berbayar.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada film India yang menurut Wikipedia dirilis pada 6 Juli 2016. Mengapa saya menonton film ini? Pertama, karena tak ada lagi yang bisa ditonton, kedua karena diperankan oleh Salman Khan (meskipun saya sedikit kaget dengan perubahannya di film tersebut).

sultan-movie-poster-7

Film ini bercerita tentang seorang lelaki bernama Sultan (yang diperankan oleh Salman Khan) yang tergila-gila kepada seorang perempuan bernama Aarfa Hussain (diperankan oleh Anushka Sharma, don’t ask me who she is karena saya juga baru lihat dia di film ini). Saat akan mengajak menikah, Aarfa menolak Sultan karena dia hanya akan menikahi laki-laki pegulat seperti dirinya (olalaaa). Dan dia pun seorang pegulat profesional yang bercita-cita menginjakkan kaki di podium olimpiade, ingin mempersembahkan medali emas bagi India.

Demi cintanya kepada Aarfa, Sultan pun bergabung ke klub gulat lokal yang dikelola ayah Aarfa. Dan mereka berdua pun akhirnya berjuang mencapai cita-cita masing-masing: Aarfa yang ingin menjadi juara olimpiade dan Sultan yang meraih cinta Aarfa.

Pucuk di cinta ulam pun tiba. Kegigihan Sultan membuat Aarfa jatuh cinta betulan dan menikahlah mereka. Saat pengumuman nama peserta olimpiade, diketahui Aarfa tengah mengandung. Kondisi ini membuat Aarfa harus merelakan cita-cita masa kecilnya: berlaga di olimpiade. Impiannya meraih medali emas bagi India diwujudkan oleh sang suami, Sultan.

Kemenangan demi kemenangan di berbagai perlombaan ternyata membuat Sultan menjadi arogan. Alih-alih bahagia telah meraih cinta Aarfa, Sultan justru terobsesi dengan popularitas yang ia raih selama menjadi pegulat. Ia bahkan memilih bertarung di arena dibandingkan menemani sang istri yang akan melahirkan.

Malang tak dapat ditolak. Kemenangan yang diperolehnya di kejuaraan dunia harus dibayar mahal dengan kematian anaknya. Si anak lahir dalam kondisi lemah dan memerlukan bantuan transfusi darah. Ia bergolongan darah seperti ayahnya, O negatif, yang mana golongan darah ini cukup langka. Sayangnya, Sultan tidak berada di sisi sang anak saat ia sangat membutuhkan ayahnya untuk menyambung hidup.

Sejak peristiwa itu, Aarfa kecewa dan meminta Sultan pergi dari hadapannya (hiks). Selama bertahun-tahun (beberapa menit saja di film), Sultan menyesali apa yang sudah terjadi. Dia akhirnya bangkit saat diberi penawaran untuk mengikuti kontes gulat profesional yang memperebutkan uang 100 juta rupee. Oleh Sultan, uang itu akan dia pakai untuk membangun bank darah supaya anak-anak dengan golongan darah langka tidak berakhir naas seperti almarhum anaknya.

Dan akhirnya? Dia menang di gulat profesional? Aarfa memaafkan dia? Yah, baiknya ditonton sendiri.

Bukan Bollywood namanya kalau tidak multigenre. Semua genre film dicelup dan diaduk jadi satu menghasilkan film khas Bollywood. Awalnya, film ini terlihat bertema besar drama percintaan, kemudian berganti menjadi film bergenre olahraga, lalu berganti lagi drama keluarga. Meskipun, yaaaa, film India selalu berakhir bahagia.

Meskipun berdurasi cukup panjang, film ini menarik ditonton. Dan, meskipun sudah tahu akhirnya akan bahagia, film ini tetap membuat penasaran untuk disimak sampai habis.

Buat saya, 8 dari 10 lah. Saya beri 5 poin khusus karena pemainnya adalah Salman Khan. Hehehehe.

Luar biasa perubahan badann Β yΒ dea dari ceking lucu jadi balon semua >.<

salman-1
2012
salman-2
2016
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s