Si Tulang Bengkok

Beberapa waktu yang lalu, saya dikirimi seorang kawan foto ini. Panjang dan rumitnya jalan pikiran seorang perempuan.

Meme ini menambah sekian satir yang dilayangkan untuk kaum hawa di dunia ini. Diakui atau tidak, perempuan memang agak sedikit unik dengan pola pikir mereka yang ajaib.

IMG-20160126-WA0000

Selang beberapa hari kemudian, saya datang ke sebuah acara produsen pakaian Muslim. Di acara itu, ada tausiyah dari ustaz ternama di Kota Bandung. Iyak, KH A Gymnastiar.

Panjang kali lebar beliau bercerita tentang cara agar Allah mengurus keperluan kita. Di tengah itu, ia bercerita tentang perempuan (atau ibu-ibu, karena sebagian besar peserta acara adalah ibu-ibu).

Pak (kepada audiens yang bapak-bapak), perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Kalo dikerasin patah, kalo dibiarkan akan tetap bengkok. Jadi kudu disabar-sabar, didoain. Sing ngalempeng weh.

Katanya, kelakuan perempuan/ibu-ibu memang kadang ajaib. Kalau menjawab jujur salah, kalau tidak jujur pun lebih salah. Beliau memberi contoh dengan gaya khas Aa Gym.

Kemarin, si Ibu mau masak,
‘Pah, masak apa makan hari ini?’
‘Ah, kumaha ibu weh,’
‘Jangan kumaha-kumaha, bingung ibu teh mau masak naon,’
‘Sok atuh opor ayam,’
‘Ayam teh mahal, pah,’
‘Atuh, eta weh bu, tempe bacem,’
‘Tempe di pasar teh gak ada yang enak,’
‘Atuh tos yang gampang weh ka warteg,’
‘Ngomong weh pah, masakan ibu gak enak!’

Sabar, katanya. Kalau perempuan mulai begitu. Diam saja.

Contoh lain beliau kembali sampaikan.

‘Pah, jangan suka liat wanita lain, gak halal. Saya yang halal,’
‘Iya, insya Allah,’
‘Tuh si eta, sama saya cakepan mana pah?’
‘Cakepan ibu lah,’
‘Bohong!’
‘Teu percaya.Β Ya atos itu si eta,’
‘Wahh!’

Otak manusia merupakan satu objek yang paling misterius di alam semesta. Namun, satu hal yang pasti semua tahu: cara kerja otak perempuan dan laki-laki berbeda satu sama lain.

Katanya, perempuan berasal dari Venus, sementara laki-laki dari Mars. Otak laki-laki dan perempuan, menurut penelitian, bekerja dengan pola yang berbeda.

Penelitian menunjukkan, perempuan dinilai bertindak berdasarkan perasaan, sementara laki-laki dengan logika. Namun, perempuan lebih pandai dalam multitasking, meskipun laki-laki baik dalam pengambilan keputusan.

women

Etapi, baru-baru ini ada penelitian baru soal otak laki-laki dan perempuan. Bukan laki-laki dan perempuan memiliki otak yang berbeda, tapi seberapa laki-laki atau seberapa perempuan otak seseorang. Artinya, kalau kamu laki-laki, bisa saja kamu punya kecenderungan otak perempuan atau sebaliknya.

Jadi tak hanya dari jenis kelamin, laki-laki atau perempuan itu juga ditentukan dari otak. Pengembangan otak berdasarkan gender telah dimulai sejak lahir. Penelitian yang melibatkan janin usia 16 pekan menunjukkan kadar testosteron yang terkandung dalam air ketuban berpengaruh pada penentuan otak bayi. Pada ketuban bayi berotak laki-laki, ditemukan testosteron 10 kali lebih banyak daripada bayi berotak perempuan.

Perempuan sering dicap sebagai pengendara yang buruk, payah dalam parkir dan pembaca peta yang superjelek. Ini sesuai dengan penelitian otak, baru-baru ini. Scan pada otak laki-laki menunjukkan tingginya aktivitas otak dalam empat area, yaitu pembuatan keputusan, kesadaran ruang, fokus, dan visualisasi. Hal berbeda terjadi pada otak perempuan.

Saat meminta untuk menemukan kunci, seorang laki-laki akan mudah melakukannya. Laki-laki adalah makhluk yang paling baik dalam mengoordinasi sesuatu. Mereka cenderung mengkategorikan hal dan menempatkan sesuatu dengan baik. Hal ini berbeda dengan otak perempuan yang cenderung menggunakan ‘insting’ dalam menemukan barang yang hilang.

women 4

Meskipun begitu, perempuan sangat hebat dalam multitasking. Mereka bisa melakukan dua atau tiga atau lebih banyak pekerjaan lain dalam satu waktu yang sama. Dan meskipun lebih kecil dari otak laki-laki, otak perempuan terbukti lebih efisien. Otak perempuan itu seperti buku harian sekaligus memori komputer.

Mereka dapat mengingat banyak hal, termasuk ulang tahun dan kapan pacar mereka melupakan makan siang bersama. Bahkan, perempuan lebih mudah mengingat sebuah infomasi apabila memiliki relevansi emosional.

women 3

Kan, otak perempuan itu memang ajaib. Dan seperti yang dikatakan Aa Gym, perempuan harus diperlakukan dengan baik, disayangi, dan tidak usah dibawa pusing. Pola pikir mereka yang lebih ’emosional’ toh sebetulnya sangat membantu bagi laki-laki, bergantung pada emosi mana yang dia pakai, emosi positif atau negatif.

Tapiiii, keajaiban ini juga tidak membuat perempuan bisa seenaknya. Selain emosi, perempuan juga memiliki hati lembut yang tentu bisa menyikapi sebuah keadaan dengan positif. Maka, jadilah perempuan yang baik, berhati lembut, penyayang, dan cantik hatinya. <— pesan moral.

n c02

Share penelitian soal otakΒ http://www.dailymail.co.uk/health/article-3342104/How-male-female-brain-Men-women-s-brains-NOT-different-says-new-research-Oh-yes-Try-tests-sex-grey-cells-are.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s