Darth Vader Doily

Sudah agak lama saya tidak merajut, baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Rilisnya film lanjutan saga Star Wars, Episode VII: The Force Awakens, membuat saya ingin membuat sesuatu dari film ini.

Hal pertama yang terpikir oleh saya adalah Darth Vader. Meskipun antagonis, Darth Vader punya sejarah hidup yang unik dan tampilannya lebih kece dibandingkan yang lain.

Selain itu, dia berwarna hitam. Hahaha….

Nah, muncul lah ide untuk mengaplikasikan si darth vader ini ke dalam onggokan benang. Dan saya ingin berbagi caranya.

Saya cukup kesulitan untuk membuat pola, karena yang saya buat adalah semacam bayangan si Anakin Skywalker ini. Akhirnya setelah gugling kesana kemari, dapatlah polanya yang bisa disontek.

Sebelum mengerjakan polanya, perlu diketahui pembuatan taplak ini menggunakan pola /filet crochet/. Pola ini sangat mudah dibuat, hanya mengandalkan tusuk double crochet (DC) dan tusuk rantai, yang merupakan dasar latihan merenda banget.

Pola ini bisa membuat apa saja, mulai dari gambar sederhana seperti ini,

filet 1

sampai yang rumit seperti ini,

filet 2

Intinya hanya perlu memahami bagaimana membaca pola si filet crochet ini.

Filet crochet terdiri dari kotak isi dan satu kotak kosong. Kotak isi inilah yang akan membuat pola di atas taplak yang kita buat. Duh, remps kalo saya jelaskan pakai kata-kata. Begini bentuknya.

filetchart

Di atas tampak bahwa satu kotak isi (gambar kiri berwarna hitam) terdiri dari empat DC. Satu kotak kosong (warna putih) terdiri dari masing-masing dua DC dan CH alias rantai. Kalau digabung, perlu diketahui bahwa masing-masing kotak berbagi sudut.

Tapiiii, berdasarkan pengalaman, kotak isi dengan dua DC seperti yang tersebar viral ini hanya dapat diaplikasikan pada benang-benang tertentu. Saya pernah memakainya pada benang katun lokal, hasilnya malah gepeng.

kupu

Untuk mengakalinya, saya pun mengurangi jumlah DC dalam kotak isi. Dan hasilnya lumayan. Ini hanya untuk benang katun lokal, lho. Mungkin bisa untuk benang lain, tapi saya belum pernah mencoba.

DSC_2765

Mari mulai!

Pola yang saya peroleh dari internet bukan pola langsung, melainkan pola mentah yang saya cetak ulang. Seperti ini jadinya.

DSC_2740

Pola ini diaplikasikan ke benang. Pola ini sengaja saya buat setengah saja, karena dia simetris. Artinya, sisi kiri dan kanan adalah sama. Tanda silang itu artinya kotak isi, abaikan tanda silang menggunakan pensil.

Dari pola, terlihat kita akan membuat taplak dengan ukuran 60×60 kotak. Baris pertama dimulai dari angka satu bagian kiri atas.

Pertama-tama, buat 124 CH, lalu 1 DC, 1 CH, begitu seterusnya sampai 1 DC terakhir. Baris pertama selesai dengan 60 kotak kosong.

R2: 4 CH, DC pada CH ke 2 (DC di atas DC pada baris pertama), lakukan sampai ujung.

R3: ikuti pola sampai R60. Dan begini hasilnya.

_20160121_095004

R1 dan R60 sengaja saya buat bold sebagai penanda saja. Bebas.Β Selamat mencoba!

n c02

3 thoughts on “Darth Vader Doily

Leave a Reply

