Persahabatan Dua Dungu

DDT_Logo_4C

Saya penyuka film-film Jim Carrey. Meskipun humornya kasar dan seringkali vulgar, Carrey bagi saya jenius. Film pertama Carrey yang saya tonton adalah The Mask (1994). Itu waktu saya masih duduk di awal sekolah dasar.

Kecintaan pada Carrey berlanjut saat menonton Ace Ventura (1995), masih dengan humor //slapstick// Carrey yang khas. Lalu filmnya yang ‘agak mendingan’, Liar Liar (1997).

Carrey bukan pemain film produktif, tapi film-film yang dia mainkan bertema sama. Yang agak serius mungkin hanya Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004).

Film yang buat saya cukup berkesan adalah Dumb and Dumber (1994). Saya tidak menontonnya kala film itu rilis, tapi beberapa tahun setelahnya, ketika film itu ada di TV. Dulu saya berpikir, tidak mungkin ada dua manusia bodoh seperti itu di dunia ini. Tapi ternyata, masa kini mengoleksi jutaan orang seperti mereka.

Ketika pertengahan tahun lalu mendengar kabar Dumb and Dumber akan dibuat sekuelnya, saya senang bukan main. Bagaimana mungkin setelah 20 tahun, duo bodoh itu beraksi kembali?

Hasilnya? Well, tidak seperti yang saya harapkan. Mereka menua, ya, tapi masih sama bodohnya.

foto oleh mirror.co.uk
foto oleh mirror.co.uk

Mungkin sutradara film ini ingin mengembalikan kenangan masa lalu ketika Harry Dunne dan Lloyd Christmas berbuat kebodohan demi kebodohan. Hal itu masih terlihat sama di film sekarang, yang buat saya rasanya membosankan.

Seharusnya, sutradaranya bisa memberikan lelucon yang lebih segar dan baru.

Apapunlah, ya. Saya tetap suka dengan film ini meskipun Rotten Tomatoes memberikan rating yang kecil. Pun Metacritic.

Ibaratnya, kejayaan si Dumb and Dumber ini sudah lewat. Candaannya pun bapuk, tidak ada sesuatu yang baru, kecuali jalan ceritanya. Humornya begitu-begitu saja. Yah, mungkin karena film ini bercerita tentang orang tua dengan IQ anak usia 10 tahun, kan?

Billy in 4C
Billy in 4C

Di luar itu semua, saya cukup terharu dengan persahabatan dua orang dungu ini. Lekatnya dua sahabat ini saya pikir patut jadi contoh bagaimana kasih sayang bisa menyatukan segala perbedaan.

Meskipun bukan film terbaik pembuka 2015 (bagi saya), Dumb and Dumber To cukup menghibur rasa kangen bagi penggemar Harry Dunne dan Lloyd Christmas. Dan tentu saja jangan lupakan peran (tidak) penting si Billy in 4c. For this i give 3/5. Happy watching!

n c02

Lloyd Christmas and Harry Dunne tahun 1994

1994
1994

Lloyd Christmas and Harry Dunne tahun 2014

2014
2014

Leave a Reply

