Robocop Made in China

RoboCop merupakan salah satu film yang cukup berpengaruh pada masa kecil saya. Dulu sekali, saya percaya di masa depan bakal ada manusia setengah robot yang menumpas kejahatan di dunia.

Robocop pertama kali muncul pada 1987. Seorang polisi Detroit bernama Alex Murphy menjadi kelinci percobaan untuk menciptakan sebuah teknologi terbaru, yaitu mesin yang dikendalikan oleh otak manusia.

Percobaan ini dilakukan lantaran Omnicorp, sebuah perusahaan pembuat robot, gagal meyakinkan dewan untuk meluluskan pemakaian robot sebagai pengganti petugas keamanan di Amerika Serikat. Akhirnya, CEO Omnicorp Raymond Sellars berpikir untuk membuat pahlawan dari robot setengah manusia yang diberi nama Robocop.

RoboCop versi 1987
RoboCop versi 1987

Versi kemunculan Robocop 1987 dan 2014 sangat berbeda, meskipun intinya sama-sama menjadi prototipe. Teknologi saat ini membuat film versi 2014 jauh lebih realistis. Apalagi, film ini memasukkan unsur realita ekonomi di dalamnya, Robocop made in China.

Ya, Omnicorp membuat robot di Cina alias Tiongkok. Negara ekonomi terbesar kedua dunia ini memang pusatnya pabrik segala jenis perusahaan. Mulai dari pabrik pakan ternak, makanan, mainan, sampai ke ponsel dan robot. Pun Robocop.

Sayangnya, remake versi JosΓ© Padilha ini tidak berhasil membuat Robocop lebih baik ketimbang film aslinya. “Remake Robocop tidak menawarkan peningkatan yang signifikan dari aslinya,” kata Rotten Tomatoes.

RoboCop 2014
RoboCop 2014

Film ini juga lebih banyak menonjolkan drama daripada action. Memang banyak aksi-aksi tegang di sini. Tapi secara keseluruhan, film ini menyuguhkan pertarungan Murphy dan tubuh robotnya.

“Ketakutan, insting, kasih sayang… akan selalu mengintervensi,” kreator Robocop Dr Dennet Norton mewanti-wanti ketika Omnicorp memintanya untuk mengurangi kemampuan Murphy untuk merasa.

Tapi otak manusia jauh lebih kompleks dan maju dibandingkan komputer manapun. Meskipun Omnicorp berupaya menghilangkan ‘perasaan’ Murphy dari otaknya, hal itu tidak membuat polisi Detroit ini kehilangan kontrol atas dirinya. Perasaan itu kembali datang dan menjadikannya penguasa atas tubuh androidnya.

Buat saya, film ini lebih baik daripada The Amazing Spider-Man 2. Tapi, mungkin bukan film superhero terbaik tahun ini. 7/10 untuk Robocop.

n c02

robocop_poster_p_2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s