Now You See Me, Rise of Electro

Bagaimana rasanya diacuhkan? Bagaimana rasanya tidak dianggap. Orang-orang tidak memandang ke arahmu, menganggap kamu hanya orang biasa yang setelah bertemu kemudian dilupakan, sementara kamu adalah orang yang tak mudah melupakan? <– kode bangetttt

Kamu sangat pintar, dan kamu berjasa dalam satu hal yang memajukan sebuah oraganisasi besar. Tapi yang berbangga dan yang diberi selamat bukanlah kamu, melainkan orang lain di atasmu yang kemudian melupakan jasa-jasamu. Rasanya? Nyess banget.

Itulah yang dirasakan oleh Max Dillon, seorang pegawai bagian kelistrikan di Oscorp Industries. Dia banyak berjasa soal pengembangan jaringan tenaga listrik di New York. Dia perancangnya, tapi malah orang lain yang dipuji atas pekerjaannya.

Dillon sangat mengidolakan Spider-Man, pahlawan penyelamat ketika ia nyaris ditabrak mobil. Spider-Man menjadi obsesinya. Spider-Man menjadi satu-satunya orang yang menjadi 'buddy'-nya.

foto oleh: analogaddiction

Di hari ulang tahunnya, Dillon mengalami kecelakaan ketika memperbaiki jaringan listrik yang rusak di salah satu laboratorium Oscorp. Ia kesetrum dan jatuh ke dalam tangki berisi ratusan belut listrik. Bukannya tewas, Dillon mengalami mutasi gen yang membuat seluruh tubuhnya mengandung dan dapat menyerap listrik.

Karena belum terbiasa dengan kondisi barunya, Dillon berulah di Times Square. Wajah baru Dillon membuat orang-orang di Times Square panik dan memanggil pihak kepolisian. Dillon yang tidak mengerti apa yang terjadi ikut panik. Ia bermaksud minta tolong, namun orang malah menjauhinya, polisi menembakinya.

Dillon yang kemudian menamai dirinya Electro ini marah dan melawan.

Entah dari mana, seorang kameraman merekam wajah Electro dan menayangkannya langsung di seluruh papan iklan elektronik di Times Square. Itulah pertama kali Electro melihat wajahnya yang berubah menjadi keren mengerikan.

Tapi bukan itu intinya. Untuk pertama kalinya Electro disorot. Ratusan, mungkin ribuan orang di Times Square melihatnya. Dia, seorang Max Dillon yang diacuhkan dan tidak dianggap, kini wajahnya terpampang di papan raksasa.

the-amazing-spider-man-2-photos-electro

Tengah berbangga dengan dirinya, muncullah si pahlawan kota, Spider-Man. Papan iklan yang awalnya bergambar dirinya berubah menjadi si manusia laba-laba.

Electro awalnya meminta Spider-Man untuk membantunya, menjelaskan kepada semua orang kalau dia tidak bermaksud untuk menyakiti siapapun. Tapi, mungkin karena Electro tidak dapat mengendalikan kekuatannya, semua orang waras menganggapnya sebagai ancaman, termasuk Spider-Man.

Kecewa dengan sikap idolanya, Electro bersumpah untuk menjadi musuh Spider-Man. Terlebih, Spider-Man telah merebut perhatian yang selama ini menjadi impiannya.

Itu adalah sedikit spoiler dalam film terbaru Marc Webb, The Amazing Spider-Man 2. Electro adalah satu dari dua musuh pahlawan keluaran Marvel Comics tersebut. Musuh yang lain adalah Harry Osborn yang merupakan sahabatnya.

Pada film The Amazing Spider-Man kali ini, Rotten Tomatoes cuma memberi nilai 5,9/10 dengan tomatometer sebesar 55 persen. Padahal, film pertamanya berhasil memperoleh peringkat 6,7/10 dengan tomatometer sebesar 73 persen.

“Dengan pemain yang luar biasa dan efek khusus yang sangat keren, installment terbaru dari Spidey Saga ini tidak menyajikan narasi yang fokus. Karakter tokohnya terlalu meluap-luap,” tulis Rotten Tomatoes, mengomentari seri kedua dari The Amazing Spider-Man ini.

foto oleh: film.ru
foto oleh: film.ru

Saya sependapat dengan Rotten Tomatoes. Film yang berdurasi 2 jam 22 menit ini memiliki banyak plot sehingga tidak ada yang tahu apa cerita utama yang ingin disampaikan. Ini dia beberapa plot yang berhasil saya rangkum:

1. Peter Parker lulus sekolah, dan harus berpisah dengan pacarnya Gwen Stacy yang mendapatkan beasiswa ke Inggris

2. Peter Parker menemukan lokasi penelitian rahasia milik ayahnya tentang kebenaran mutasi laba-laba

3. Seorang teknisi listrik merasa diacuhkan oleh dunia dan terobsesi dengan perhatian. Dia mengalami mutasi listrik yang membuatnya bermuatan listrik

4. Harry Osborn, sahabat lama Peter Parker, akhirnya pulang dan menggantikan ayahnya mengelola perusahaan. Tapi ada intrik dalam perusahaan yang ingin membuang Harry Osborn

5. Harry Osborn ingin sembuh dari kutukan, dan meminta Peter Parker menangkap Spider-Man untuk diambil darahnya. Peter Parker menolak. Spider-Man menambah musuh

Kira-kira itu plot yang cukup penting dalam film yang rilis di Amerika Serikat pada 2 Mei 2014 tersebut. Jadi, selama lebih dari dua jam menonton, semua plot berusaha menyelesaikan masalahnya masing-masing. Sehingga, tidak ada plot yang dominan dan semuanya terkesan terburu-buru. Berbeda dengan film sebelumnya yang hanya fokus pada dua plot, yaitu kemunculan Spider-Man dan kehadiran Lizard.

The Telegraph menilai, ada adegan-adegan yang rasanya tidak perlu, misalnya seperti adegan Electro dan Dr Kafka di Ravencroft Institute. Adegan electro seharusnya bisa dibuat lebih maksimal dan mendalam. Penampilan Electro juga ternyata tidak sesuai ekspektasi. “Dia terlihat seperti Dr Manhattan dari film Watchmen dan Mr Freeze di Batman and Robin,” tulis The Telegraph

Meskipun demikian, Andrew Garfield berhasil memaku perhatian penonton, terutama perempuan, dengan aktingnya. Ia mampu membuat Spider-Man menjadi seorang superhero terkeren yang pernah ada. Meskipun, ada beberapa adegan yang terkesan lebay. Maklum, superhero.

Seri The Amazing Spider-Man memang dibuat semirip mungkin dengan komiknya. Satu-satunya yang kurang pas di sini adalah keberadaan Gwen Stacy. Gwen seharusnya muncul setelah kematian Mary Jane Watson. Mary-Jane adalah cinta pertama Peter Parker sekaligus teman kecilnya. Mary-Jane pula yang kemudian menjadi istrinya dan melahirkan Spider-Girl sebelum akhirnya meninggal.

Untuk The Amazing Spider-Man: Rise of Electro saya beri 6/10.

Alert: film ini tidak dibuat untuk anak di bawah 17 tahun. Bijaklah orangtua dalam memilih film untuk anak. Jadikan peristiwa yang menimpa Valentino sebagai pelajaran bagi orangtua dan calon orangtua.

The-Amazing-Spider-Man-2
n c02

Advertisements

3 thoughts on “Now You See Me, Rise of Electro

  1. Sedikit koreksi aja,dalam versi komik spidey manapun, gwen stacy lah cinta pertama dan sejati peter, bukan MJ πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s