Balada si Robin

Bagian 1

Ketika aku berjalan dengannya, tampak betul wajahnya muram. Dia tidak terlihat senang, atau mungkin dia tidak bisa berekspresi.

Aku ingin bertanya, tapi dia seperti tidak ingin kutanya. Ia selalu membuang muka.

Aku ingin membantu, tapi dia selalu mengelak. Katanya, dia tidak ingin dibantu. “Aku bisa mengurus diriku sendiri,” katanya padaku.

“Tapi aku ingin membantu,” ujarku.

“Kau bisa apa?” tanya dia.

“Entah,” jawabku. Betul juga. Aku tidak tahu apa yang bisa kulakukan untuknya.

“Ya sudah. Diam sajalah,” kata dia.

Dia seperti tidak ingin aku di sisinya. Seperti dia ingin menjadi ‘single player’. Padahal tak mungkin dia menjadi satu-satunya pemain. Pastilah dia memerlukan aku. Atau setidaknya orang lain.

Betulkah?

Lama-lama, jengah juga aku dengan sikap sombongnya ini. Aku tidak tahu apa yang ada di pikirannya. Aku tidak bisa membacanya. Tapi hatiku berkata, dia tidak suka aku berada di dekatnya. Mungkin ini saatnya untuk menyerah dan mundur.

Lalu sampailah pada masa ketika jengahku memuncak, kemudian meledak. Hanya dengan satu kalimat,

“Sudahlah, anak kemarin sore tidak usah sok tahu,” ujarnya dalam suatu peristiwa.

Muak aku mendengar suaranya. Padahal dia kubanggakan di atas langit dan di bawah bumi.

“Aku anak kemarin sore, betul. Tapi aku juga ingin menjadi bagian dari sejarah,” kataku melawan. Baru sekali ini aku marah pada pahlawanku.

“Kau dan aku seperti langit dan bumi. Tidak usah kau berharap menjadi bagian dari sejarah. Apalagi sejarahku,” sahutnya.

Maka, bagai gunung yang sudah sakit perut, aku meledak.

“Langit katamu? Ingat, di atas langit masih ada langit,” jawabku dengan nada kasar. Aku hilang hormat kepadanya.

“Betul. Kubilang apa tadi? Kau dan aku seperti langit dan bumi. Kau bumi, aku langit, jauh lebih tinggi dari kau. Urusan di atas langit masih ada langit, itu beda soal,” katanya tidak mau kalah.

Aku diam. Bergeming seakan mulut laharku ditutup bongkahan batu raksasa, tak sanggup uap kemarahanku meletuskan magma.

n c02

Leave a Reply

