Putra Kecilku Bertanya Padaku

Putra kecilku bertanya padaku: Haruskah aku mempelajari matematika?
Rasanya tidak ada gunanya kukatakan. Dua potong roti sudah lebih dari cukup untukmu.

Putra kecilku bertanya padaku: Haruskah aku mempelajari bahasa Perancis?
Rasanya tidak ada gunanya kukatakan. Negara ini tengah runtuh. Dan ketika kau hanya mengelus perut dengan tanganmu dan mengerang, kau akan mengerti artinya kesulitan.

Putra kecilku bertanya padaku: Haruskah aku mempelajari Sejarah?
Rasanya tidak ada gunanya kukatakan. Belajarlah menanamkan kepalamu di tanah, mungkin kau bisa bertahan hidup.

Ya, pelajarilah matematika, kujelaskan padanya. Pelajarilah Bahasa Perancis, pelajarilah sejarahmu!

(Bertolt Brecht, 1940)

Mein junger Sohn fragt mich
Mein junger Sohn fragt mich: Muß ich Mathematik erlernen?
Was der Gebrauch ist, fühle ich wie das Sagen.
Daß zwei Stücke Brot mehr als irgendjemandes ungefähr alle Sie sind,
beendet oben mit.

Mein junger Sohn fragt mich: Muß ich französisch erlernen?
Was der Gebrauch ist, fühle ich wie das Sagen. Einstürzen dieses Zustandes.
Und wenn Sie gerechte Unebenheit Ihr Bauch mit Ihrer Hand und Ächzen,
Sie mit wenig Mühe verstanden werden.

Mein junger Sohn fragt mich: Muß ich Geschichte erlernen?
Was der Gebrauch ist, fühle ich wie das Sagen.
Erlernen, Ihren Kopf in der Masse, und möglicherweise in Ihnen
zu haften ruhig überlebt.

Ja Mathematik erlernen, ich erklären ihm. Ihre Franzosen erlernen,
Ihre Geschichte erlernen!

Leave a Reply

