A Beautiful Sunset

(02. 04. 2010)
Saya sedang berada dalam suasana hati yang buruk pagi ini. Sehari sebelumnya, saya merasakan kekesalan yang cukup besar sehingga saya akhirnya mengalihkan kekesalan saya dengan menyiksa diri sendiri. Sore hari yang mendung saya jogging dengan rute seperti yang saya lakukan sebelum-sebelumnya. Lalu keesokan paginya saya jogging lagi dengan rute yang sama. Setelah beristirahat dan mandi, saya berangkat kembali ke kampus, memanfaatkan salah satu fasilitasnya yang kalau di suasana kuliah, saya tidak akan mendapatkan tempat yang layak. Dan di tengah keasyikan saya ini, seorang teman mengajak saya melakukan sesuatu yang belum pernah saya lakukan. Sebenarnya saya pernah melakukannya, namun itu sudah sangat lama.

Panjat tebing. Yah, sebenarnya yang saya panjat bukan benar-benar sebuah tebing, melainkan replikanya yang ditransformasi menjadi papan kayu dengan batu yang dimur di sepanjang papan. Dan yang saya lakukan ini tidaklah di papan yang biasanya, melainkan setengahnya. Kegiatan ini disebut boldering. Kalau papan panjat yang biasa menjulang tinggi ke atas dan kita naik sampai puncaknya, kalau bolder kita hanya naik sedikit dan bertahan di papan sambil berjalan menyamping. Cukup sulit, apalagi buat saya yang tidak pernah menyentuh papan panjat selama lebih dari lima tahun (well, kalau menyentuh, sih, pernah, tapi tidak benar-benar naik).

Kegiatan ini sangat menyenangkan, mengingat saya sedang dalam suasana hati yang suram. Saya menemukan tempat yang bisa memindahkan kekesalan dan perasaan sebal di hati dengan memacu adrenalin saya dengan mencengkeram batu-batu panjat. Kegiatan ini membuat jantung saya berdebar kencang dan berkeringat. Dan hal ini menyenangkan saya.
Percobaan pertama gagal akibat kaki saya yang belum menguasai medan dan tidak pernah dipakai untuk mengangkang. Rute yang diberi teman saya lumayan sulit bagi pemula. Namun lama kelamaan saya jadi terbiasa dengan batu-batu dan rute tersebut, meskipun sampai akhir sesi saya tidak berhasil mencapai finish. Namun yang pasti, hal ini sedikit mencerahkan hati saya.

Sore ini sangat menyenangkan.

Leave a Reply

