Kucing dan Tikus

Kucing dan tikus bermain di halaman rumah. Tiba-tiba kucing menggigit ekor tikus. Tikus berkata,

“Ampun, kucing. Kembalikan ekorku.” kata tikus.

“Tidak,“ jawab kucing. “Aku akan mengembalikan ekormu jika kau mau pergi menemui sapi dan memerah susunya untukku.“

Tikus melompat dan berlari ke tempat sapi dan berkata,

“Maaf, Sapi, bisakah kau memberiku susu yang akan kuberikan pada kucing sehingga aku mendapatkan kembali ekorku?“

“Tidak,“ jawab sapi. “Aku akan memberimu susu jika kau mau pergi ke rumah petani dan mengambilkanku jerami.“

Tikus melompat dan berlari ke rumah petani, dan berkata,

“Maaf, Pak Tani, bisakah kau memberiku jerami yang akan kuberikan kepada sapi, yang akan memberikan susunya yang akan kuberikan pada kucing sehingga aku mendapatkan kembali ekorku?“

“Tidak,“ jawab Pak Tani. “Aku akan memberimu jerami jika kau mau pergi ke tukang daging dan memberiku sepotong daging.”

Tikus melompat dan berlari ke tempat jagal, dan berkata,

“Maaf, Tuan, bisakah kau memberiku sepotong daging yang akan kuberikan pada Pak Tani, yang akan memberiku jerami yang akan kuberikan pada sapi, yang akan memberikan susunya untuk kuberikan pada kucing, sehingga aku mendapatkan kembali ekorku?“

“Tidak,“ jawab tukang daging. “Aku akan memberimu sepotong daging jika kau mau pergi ke tukang roti dan memberiku sepotong roti.”

“Maaf, Tuan, bisakah kau memberiku sepotong roti yang akan kuberikan pada tukang daging, yang akan memberiku sepotong daging yang akan kuberikan pada Pak Tani, yang akan memberiku jerami yang akan kuberikan pada sapi, yang akan memberikan susunya untuk kuberikan pada kucing, sehingga aku mendapatkan kembali ekorku,“

“Ya, aku akan memberimu sepotong roti,“ kata tukang roti, “tapi jika kau memakan sarapanku, aku tidak akan memaafkanmu,“

Tukang roti memberi tikus roti, dan tikus memberikan roti kepada tukang daging, dan tukang daging memberi tikus sepotong daging, dan tikus memberikan sepotong daging pada petani, dan petani memberi tikus jerami, dan tikus memberikan jerami kepada sapi, dan sapi memberi tikus susu, dan tikus memberikan susu kepada kucing, dan kucing memberikan ekor kepada tikus. Kini tikus mendapatkan ekornya kembali!

From:

“The Cat and The Mouse”

English Fairy Tales. Collected by: Joseph Jacob

Leave a Reply

